Text
SENARAI KAJIAN C4 2020
E-marketplace, atau pasar online merupakan salah satu model bisnis elektronik yang paling menguntungkan saat ini. Di pasar ini, pembeli secara rutin terlibat dengan bisnis dan penjual individu dengan siapa mereka memiliki sedikit atau tidak ada interaksi sebelumnya, menjadikan kepercayaan sebagai salah satu masalah terpenting di pasar elektronik. Oleh karena itu, pemahaman yang jelas tentang proses membangun kepercayaan di e-marketplace penting untuk keberhasilan di pasar. Studi ini menganalisis proses dimana pelanggan e-marketplace mengembangkan kepercayaan baik pada pembuat pasar maupun penjual. Dampak kepercayaan pada niat bertransaksi dimoderasi oleh pengalaman pelanggan sebelumnya di e-marketplace. Model teoritis yang disajikan di sini diuji pada data survei dan transaksi yang dikumpulkan dari 67 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat variabel yang memengaruhi manajemen kepercayaan di emarketplace dan terdapat pula yang tidak berpengaruh signifikan. Juga ditunjukkan bahwa karakteristik pembuat pasar (reputasi, kegunaan situs web dan keamanan) dan karakteristik penjual (keahlian) memainkan peran penting dalam pembentukan dan pengembangan kepercayaan terhadap pembuat pasar dan penjual.