Text
Presenter Seminar Nasional Management Breakthrough FE UGM APDMI
Topik penelitian ini adalah kajian terhadap aktivitas pemasaran perusahaan yang mengadopsi pemasaran media sosial, dan bagaimana aktivitas kelekatan
emosional yang biasanya hanya dapat difasilitasi oleh personil jasa serta bagaimana dapat mempengaruhi brand story melalui eword of mouth dimana masih
sedikit riset dengan model penelitian tersebut. Untuk menemukan teoritical gap pada topik seputar penelitian ini, penulis telah menelaah jurnal sebanyak 104 artikel. Referensi konseptual definisi, dimensi dan indikator sebanyak 56 artikel dan referensi pembuktian hubungan secara parsial antar variabel yang mendekati topik penelitian ini sebanyak 48 artikel. Dengan menyaring variabel penelitian yang serupa maka hanya 26 artikel saja. Kemudian disaring kembali dengan variabel yang persis sama (SMM,EA,EWOM,BS) hanya 15 artikel yang mana hanya dijelaskan hubungan parsial semata antara variabel dan belum ada yang membentuk model social media marketing berbasis emotional attachment dan brand story melalui eword of mouth. Kendatipun ada 1 jurnal yang memiliki model penelitian yang agak mirip yaitu (Hudson, Huang, Roth, & Madden, 2016) namun dengan 2 variabel yang berbeda. Maka terdapat teoritical gap dimana belum ada penelitian dengan model social media marketing berbasis emotional attachment dan brand story melalui eword of mouth dengan unit analisis pada industri marketplace di Indonesia, sehingga hal ini melatar belakangi secara deduktif kenapa penelitian ini penting dilakukan untuk mengisi gap. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatif dengan analisis data mengunakkan model persamaan struktural. Unit analisis penelitian ini adalah Industri Marketplace di Indonesia. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui survey terhadap sampel 500 orang pelanggan dan mitra yang telah menjadi pengikut akun medsos resmi industri marketplace Indonesia.