Text
ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) DAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS SUPHATTRA LAND AGROTOURISM ROYONG THAILAND)
Suphattra Land merupakan tempat wisata yang berada di Rayong Thailand tempat ini merupakan industri wisata agrotourism yang dirancang menjadi kawasan perkebunan buah-buahan modern sekaligus sebagai obyek wisata yang sering di kunjungi oleh para wisatawan dan para mahasiswa dari berbagai universitas untuk melakukan penelitian. Analisis Rantai Nilai (Value chain) sangat penting diterapkan dalam sebuah industri untuk meningkatkan keunggulan bisnis yang dimiliki oleh suatu organisasi agar memberikan keunggulan dalam menciptakan nilai terbaik bagi pelanggan yaitu kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Rantai Nilai (Value Chain) dan kepuasan pelanggan di Suphattra Land. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rantai nilai (Value chain) di Suphattra Land terbagi menjadi dua aktivitas,aktivitas primer dan aktivitas skunder, Aktivitas primer terdiri dari In bound logistik, Operation, Outbound Logistics, Marketing and Sales, dan Service sedangkan aktivitas skunder terdiri dari Procurement, Technology
Development, Human Resource Management, dan Firm Infrastructure. Hasil dari penyebaran kuesioner kepuasan pelanggan para responden merasa puas atas kunjungannya ke Suphattra Land Agrotourism Rayong Thailand.
Kata Kunci : Rantai Nilai (Value Chain), Suphattra Land, Kepuasan Pelanggan