Text
TINJAUAN PENGENDALIAN INTERNAL PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA GRAND ALPINE HOTEL THAILAND
Pengendalian Internal adalah proses, kebijakan, dan prosedur yang dirancang oleh manajemen untuk memastikan pelaporan keuangan yang andal dan pembuatan laporan keuangan sesuai dengan kerangka akuntansi yang berlaku. Pengendalian internal membahas hal-hal seperti sikap manajemen terhadap pengendalian, kompetensi pegawai inti/kunci, penilaian risiko akuntansi, dan sistem informasi keuangan lainnya yang digunakan, serta kegiatan pengendalian yang tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengendalian internal penggajian dan pengupahan di Grand Alpine Hotel, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatan penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan diperoleh dari lapangan penelitian, dan dikumpulkan observasi, wawancara dan studi pustaka terhadap pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan teori studi. Setelah dilakukan analisis hasil yang diperoleh bahwa prosedur penggajian dan pengupahan yang ada di Grand Alpine Hotel, sudah melakukan pemisahan tugas dan tanggungjawab masing-masing fungsi yang berhubungan dengan penggajian dan pengupahan yaitu, fungsi operasi, penyimpanan, dan fungsi akuntansi. Hal ini sudah sesuai dengan salah satu unsur pengendalian internal.
Kata kunci : Pengendalian Internal, Penggajian dan Pengupahan